Sabtu, 24 September 2011

Kalau Victoria Punya Pacar =)

P A C A R A N


Banyak anak muda yang kenal banget sama istilah ini. Banyak juga anak muda yang ngelakuin pacaran sama pacarnya (ya iya laah masa sama peliharaan?).

aku yang ketinggalan peradaban, gak tahu menahu masalah pacaran tanya-tanya ke temen-temen yang (sekiranya) expert di bidang ginian.


"Pacaran itu apa siih?"


Well, kebanyakan mereka mikir agak lama (dengan wajah agak bingung) terus njawab:


"Ya kaya gitu vic, deket, saling sayang" dll terusannya panjang deeh. . .


Aku makin bingung. Tambah bingung lagi pas denger cerita-cerita mereka terutama apa aja yang mereka lakuin pas lagi pacaran, kayak:


Pegangan tangan (alias) gandengan


Pelukan (kayak Teletubies)


Panggil mama-papa, mami-papi (kok gak sekalian kakek-nenek ya??)


Makan bareng


Jalan berdua


pokonya yang mesra-mesra gitu dan hanya dilakukan berdua aja. Aku ulangi BERDUA AJA.

Kalo cuman dilakuin berdua, berarti main mahyong, ngadep dosen, ngaskus & maen angry birds tidak termasuk. Berdua dan dinikmati bersama (cailah).


Berdasarkan apa yang saya lihat, dengar dan tanyakan, intinya pacaran itu lebih dari teman. Gak sedikit juga istilah-istilah dalam pacaran, ada jealousnya, ada kepemilikan yang berhubungan dengan status (misal: dia pacarku, bukan pacarmu), ada kata 'putus', kalo udah putus namanya 'mantan', kalo udah 'mantan' tapi pengen jadi pacar lagi namanya 'balikan'. Kalo hubungan pacaran ga direstuin orang tua, namanya backstreet. Kalo pengen punya pacar lagi tapi status masih sama si do'i, namanya 'selingkuh' atau 'nge-dua-in'. Banyak kan? Aku curiga istilah-istilah itu sekaligus jadi aturan main.


Jujur, sampe' postingan ini kalian baca aku belum pernah ngerasain yang namanya pacaran. Kenapa? mau tahu kenapa? gini ceritanya:

Diusia pubertas dimana kebanyakan manusia tertarik lawan jenis & berpacaran tentunya, aku masih sibuk & asyik main game pc. Pernah sih suka, tapi sekedar kuka aja gak sampe' "aku harus menyatakannya" atau paling parah "dia harus jadi pacarku" THAT'S A BIG NO NO!.

Lepas dari perbudakan game pc, ada game OnLine yang jadi sosok kesenangan baru. lupa deh sama pacaran~ lama-lama main game bosen juga, ada aja kesibukan lain yang bikin gak sempet nembak cowok buat dijadiin pacar.


Kira-kira gimana ya kalo aku punya pacar?

buat seru-seruan aja gambarannya kayak gini:


Part 1 : Nembak

kalo aku yang nembak >>>

"Mau jadi pacarku? kalo enggak juga gak apa kok"

kalo dia yang nembak >>>

"Victoria, jadilah pacarku (dan serangkaian kata-kata manis lainnya)


Part 2 : Diterima & Akhirnya Pacaran

Aku: oke, kita resmi jadian sekarang =)

Dia: oke-oke

(by the way biasa banget yak?)


Part 3 : First Date

Ngomongin soal ini aku sensitif banget. misalnya, tempat yang dipilih dia buat jalan berdua bikin aku gak nyaman jangan harap lihat aku senyum! (kejam). Kebanyakan kalian pasti enjoy jalan berdua sama pacar, entah itu di mall atau di taman, buat aku dua tempat itu lebih asik didatengin sama temen-temen =)

Kalo sampe' kejadian kaya' gitu langsung aku seret ke game center buat maen AyoDance lalu kita main berdua (ps: beda computer). Akan sangat repot kalo ternyata dia sebangsa manusia yang gak suka main game, maka dia harus nemenin aku main. Bisa dibayangkan sepasang kekasih berada dalam satu bilik warnet, yang satu bengong & yang satu asyik main game.


Part 4 : Putus

Akhirnya dia ilfil dan aku diputus.

-END-


Singkat amat yaa~ untung itu cuman 'bayangan' bukan 'kenyataan'. Balik lagi ke istilah, kalo udah putus maka kita disebut jomblo dan orang yang (dulu) kita pacari disebut mantan. Secara teknis, aku jomblo sejak lahir tapi aku lebih suka disebut single, karena single itu pilihan =)


Cheer Up =)


Jumat, 22 Juli 2011

Liburan ^o^

Liburan, pasti bayangannya seneng, bisa istirahat dan menekuni hobby.


Aku pribadi punya banyak cara nanggepin liburan, misalnya :


Waktu SD : Hore! Asyik!

Waktu SMP : Yes! Bebas main game!

Waktu SMA : Living Hell! Membosankan!

Nah, gitu tuh macem-macem tanggapanku masalah liburan, khususnya liburan panjang.


Sekarang aku nanggepin liburan JAUH BEDA dari masa-masa sebelumnya. Mau santai, gak bisa. Mau istirahat, gak bisa. Mau maen sama temen-temen, gak segampang dulu. Rasanya liburan kali ini tuh bawaannya LIVING HELL. Biar gak semakin LIVING HELL akhirnya otak saya yang kopyor ini (saking encernya) menemukan solusi brilian. Solusi iu adalah : MAIN GAME PC huahahahahhahaa (tawa menggelegar memecah langit).


Jadi antesenden kenapa aku pengen maen game pc adalah kangen sama game jaman smp dulu. Waktu SMP dulu mainanku barbie game pc sebangsa Heroes 4 & Red Allert Tiberian Sun. Dua game itu bener-bener bikin aku lupa sama urusan sekolah. Sekarang, pengen nostalgia lagi.


Pengen main lagi.

Pengen seneng lagi.


Tanpa buang hajat, eh waktu ding ^^; cepet-cepet cari info tempat mana yang juat kaset game itu. Ibarat arjuna mencari cinta, banyak orang ditanyain, toko game dimasukin dan hasilnya nyaris nihil. Ada temen kuliah (ResiTuroh) yang bilang kalo ada tempat yang nyediain game-game tapi udah pindah dan masih tidak diketahui keberadaannya. ResiTuroh masih cari-cari info tentang toko itu dan saya masih menunggu (backsound: ridho rhoma - menunggu). Selain dari ResiTuroh, aku dapet kabar (lama) dari om-ku. Kata beliau, di daerah gebang (ITS dan sekitarnya) ada toko rental game namanya Unicorn. Konon, om-ku dapet Heroes 4 & Red Allert Tiberian Sun dari situ sebelum ditularkan ke aku.


Baiklah~


Aku cabut ke Unicorn sama adekku. Kita muter-muter daerah ITS-Keputih-Gebang gak nemu-nemu.


Pas nemu Unicorn, eh udah ga jual + nge-rentalin cd game.


Tau gitu tuuh bawaannya frustasi. Kejadian memalukan tersebut aku laporin om-ku. Tahukah kalian apa responnya? Om-ku malah bilang: “kayaknya om ada di rumah tapi bahasa latin”.


OMG! Ngomong kek dari dulu!

T.T baiklah, apa mau dikata setidaknya setitik harapan masih ada.


Kabar bahagia dateng juga dari ResiTuroh, dia udah kasi tau dimana toko misterius itu berada. Aku di-sms lokasinya di daerah PuloWonokromo dan sangat antusias mendatanginya. Rencananya, aku mau ke PuloWonokromo dulu kalo engga ada ya ke om-ku sebagai harapan terakhir. Tahukah kalian apa yang selanjutnya terjadi?


YANG DI PULO WONOKROMO GAK ADA (kejadian Unicorn terulang kembali).


Sudah tanya ibu-ibu + anak-anak mereka kompak jawab GAK ADA. Apa mau dikata harapan terakhir aku ambil, install Heroes 4 di rumah Om-ku yang notabene berbahasa latin. Ibarat gombalan cinta “kuterima kau apa adanya” aku main game Heroes 4 versi latin. Seneng emang bisa nostalgia tapi bahasanya itu looh GAK NGUATI. Pertama-tama sabar. Lama-lama ngeselin juga yaah kalo bahasanya gini. Aku terpuruk dalam dilema (ok, aku ngerti kalo ini lebay).


Suatu hari, ResiTuroh menemukan keberadaan toko misterius yang belakangan diketahui namanya Arcawana. Kok ResiTuroh bisa nemu sedangkan aku engga? Siapa niih yang dodol? Ternyata temennya ResiTuroh (yang jadi narasumbernya dia juga) salah kasi tau nama lokasi (sumpah, fatal) yang harusnya AlfaExpress jadinya Indomaret dan yang harusnya KarangRejo jadinya PuloWonokromo. Singkat cerita kita janjian buat kesana. Pas nyampe lokasi Arcawana gak kaya’ tempat persewaan CD-game. Di terasnya aja banyak kandang-kandang berisi kucing persia =3. Kita nyari dan akhirnya . . . .


KETEMU

Alhamdulillah! Seneng banget rasanya


Di rumah aku instal CD yang baru aku dapet. GOOD BYE versi latin ^o^. Aku langsung mainin hari itu juga. PUAS campur SENENG campur BAHAGIA deeh pas maininnya (sek, apa bedanya seneng sama bahagia?). Persis banget kayak yang aku mainin jaman SMP.


Liburan kali ini (sawangane) menyenangkan. Ada game yang dikangenin jadi alasan dominan. Namun jauh dalam hati menghabiskan liburan dengan teman-teman dan sahabat bisa membuat lebih dari sekedar main game.


Ahh~ sudahlah aku mau nge-game dulu.


Selasa, 10 Mei 2011

Takhayul & Mbak Kembang

Kalian percaya takhayul? Aku ada sedikit cerita buat kalian.


~Selamat Membaca~

Sudah cukup lama aku punya kebiasaan gak pake kresek kalo belanja, sekalipun itu di Indomart dan sejenisnya. Aku sering belanja disitu tanpa tas kresek sebagai pembungkusnya. Yap, aku selalu memasukkan barang belanjaan ke tasku kalau belanjaan sedikit ya dibawa tangan aja. Di meja kasir sering kali aku dilayani karyawan berseragam putih-hitam (biasanya masih training, belum pegawai tetap) sebut saja namanya mbak Kembang.



Mbak Kembang : “Semuanya (menyebutkan nominal harga)”

Aku : (menyodorkan uang) “Ga usah tas kresek mbak”

Mbak Kembang : (senyum heran + aneh + ga biasa)


Dialog semacam itu sering banget terjadi antara aku dan mbak Kembang.



Sampe tanteku yang orang Jakarta maen ke Surabaya. Pas itu, si Tante mau belanja sama aku di supermarkat tempat mbak Kembang menunaikan tugasnya sebagai kasir. Kebiasaan tas kresekku kumat disitu. Aku tau banget mbk Kembang senyum senyum sekaligus ngeliatin aku dengan cara yang sangat tidak biasa. Hawa hawa gak enak mulai kerasa.



Singkat cerita sebelum tanteku pulang, beliau bertanya tanya tentang kebiasaan anehku yang ga mau pake tas kresek. Aku jawab, ya biar mengurangi sampah plastik. Lagian menurutku tas kresek itu ribet.



Dan tahukah kalian? Tanteku bilang apa?



PAMALI mbk!

Ga boleh kalo beli ga ada pembungkusnya

Nanti seret jodoh.


Pernyataan diatas dilengkapi ibu-ibu penjual hotdog yg nanti penjualnya kena hukum yang sama, katanya sih nanti kena anaknya.


Maknyus deeeh~


Setelah dapet info yang cukup mengejutkan, aku jadi males belanja. Kesannya bagus gitu biar ga konsumtif tapi ya namanya juga kebutuhan harian. Akhirnya aku ga betah dan terpaksa belanja di tempat mbk Kembang. Agak merinding juga sih kalo inget-inget mbk Kembang. Takutnya dia ada apa-apa sama aku (GR). Pernah, sekali waktu aku papasan sama mbk Kembang dan mbk itu tersenyum aneh + malu-malu + tatapan tidak biasa yang semuanya atu ditujukan ke aku. Mbk Kembang juga kayak gitu pas aku belanja sama tanteku. Sampe-sampe tanteku nanya apa aku kenal sama mbk itu, kok dari tadi yang diliatin aku.



Siapa yang ga merinding disko coba?



Akhirnya, aku sampe ke tujuan. Ada yang beda hari itu, mbk Kembang ga ada di meja kasir seperti biasa. Aneh juga sih, biasanya kan ketemu tapi ga ketemu. Terakhir kali aku ketemu mbk Kembang, aku minta belanjaanku dibungkus tas kresek. Seperti biasa, dia tersenyum dan aku agak salting-salying ngeri. Hari ini sebenarnya aku masih pengen ga pake tas kresek. Kira-kira, mbk Kembang kemana ya? Hehehe~ ga ketemu juga ga apa kok ^^v



Selain itu, aku bukanlah tipikal orang yang percaya takhayul. Tetapi, ditengah lingkungan yang notabene masih (sangat) percaya takhayul, menjadikanku merasa aneh dengan sikap seperti ini. Enaknya, diteruskan ga kebiasaan ga pake tas kresek ya?

Selasa, 12 April 2011

Tentang Memilih Jalan Hidup

Suatu ketika seorang teman yang baik (caiah) bertanya padaku :


Teman : gak nyoba SNMPTN lagi Vic? Gak ngambil F*?

Aku : engga mas, disini aja.


Jadi, jaman dulu kala aku punya keinginan mengemban ilmu di F*.

Namun, banyak yang tak mendukung.

Hingga suatu ketika, aku memilih alternatif di fakultas tempat aku belajar sekarang.

:)


Lanjut ke percakapan =


Teman : kamu yakin?


Aku : yakin, ini sudah jalanku. Kalo ini sudah jalanku kenapa aku harus bikin jalan lain?


Nah, bermula dari jawaban tadi, temanku berpesan (bau bau petuah niih~ -.-‘)


Teman : hmmm, orang spiritualis emang jalan pikirannya kayak gitu. Misalnya dia dikasih sesuatu atau ditempatkan pada posisi tertentu dia akan nerima dan istilahnya mendalami apa yang udah dikasihkan ke dia.


Aku : *mangut-mangut


Teman : dia gak milih jalan lain di luar apa yang sedang dia jalani sekarang. Sekalipun ada banyak pilihan. Beda kan sama orang yang menggerutu dan berusaha buat keluar dari apa yang dia jalani? Nah, itu bedanya orang spiritual dan non-spiritual.


Aku : *baru nyadar kalo ternyata (cukup) spiritualis. Tapi mas, gimana kalo seumpama jalan yang dikasih itu sebenarnya bukanlah jalan yang patut diteruskan?


Teman : biasanya dikasih tanda-tanda pas dia ngejalaninnya.


Aku : *bingung. Maksudnya tanda-tanda?


Teman : ya, tanda-tanda kalo jalan yang dikasih itu memang jalan yang semestinya dijalani. Misalnya aja kamu ngerasa enak, nyaman, lancar trus pokoknya kamu merasa positif didalamnya.


Aku : *merenung


Teman : jadi, tahun ini kamu gak nyoba F*? SNMPTN lagi?


Aku : *mantap. Enggak mas. Ini udah jalanku.



~Begituh kira-kira percakapan kami~


Intisari yang bisa diambil kurang lebih seperti ini :


Syukuri apa yang ada

Jika kamu bersyukur, maka Tuhan akan memberi lebih

Namun, jika sebaliknya, maka Tuhan akan memurkaimu


(jadi ceramah nih~)


Mudeng maksud postingan kali ini?

Oke, ibaratnya gini aja :


Sekarang kamu berdiri di jalan aspal bukan jalan tol. Kenapa bukan jalan tol? Karena jalan tol mulus-mulus aja, monoton dong~.


Kamu berdiri di jalan aspal yang panjang. Mungkin kedepannya kamu melihat polisi tidur, lubang, genangan, pedagang asongan (eh?) yang intinya bukan jalan mulus seperti jalan tol barusan. Kamu harus jalan diatasnya. Kadang kala kamu terperosok, kepleset pas jalan. Tapi kamu bisa berdiri bahkan memperbaiki jalan lubang dan melanjutkan perjalananmu.


Tapi


Disekitar jalan aspal tempat kamu berdiri ada sawah dan lahan kosong lainnya. Mungkin kamu berfikir akan membangun jalan aspal lain diatasnya. Jalan aspal impianmu. Jalan aspal yang tanpa halangan, sesuai dengan maumu.


Kamu boleh melakukannya


Kamu boleh berpindah


Tapi sadarkah kamu? Kamu sudah diatas jalan aspal.


Belum tentu jalan yang nanti akan kamu bangun akan seperti yang kamu impikan. Tapi tidak menutup kemungkinan akan jadi seperti apa yang kamu inginkan. Sebenarnya banyak kemungkinan yang akan muncul.


Kalau tidak merasa cocok dijalan sekarang, mengapa tidak kau coba berpindah?


Sebelum itu, telitilah sejenak tentang tanda-tanda positif yang Tuhan tunjukkan.



Quotes :


Tuhan, terima kasih telah tunjukan jalan.

Tuhan, berilah lebih banyak Positive Signs setelah Positive Signs yang telah kami lalui.

Tuhan, berkahi kami di sepanjang jalan ini

~amin~


Semoga membantu \^o^/

(terutama buat kamu kamu yang mau pindah jurusan, sekolah, penjurusan, kerja bahkan kekasih)






Kamis, 07 April 2011

Bersama Mereka yang Menikmati Dunia dengan Cara Lain

Oke, sejak kecil entah kenapa aku selalu berurusan sama yang namanya orang gila. Ada yang gak gila gila amat sih, ada yang stress ringan sampe berat. Sebagai manusia baik, saya pun bercita cita menjadi seorang dokter jiwa yang baik pula. Dalam rangka meringankan beban bahkan menyembuhkan mereka mereka yang tidak bisa menikmati dunia sebagaimana mestinya, saya mantab menjadikan dokter jiwa sebagai cita cita utama saya. (dari kejauhan terdengan suara ombak yang memberi semangat *alay). Bagaikan cinta bertepuk sebelah tangan, orang tua tidak merestui cita cita saya yang brillian itu. (patah hati). Okelah, aku pilih profesi yang gak jauh jauh amat dari dokter jiwa yaitu Psikolog Klinis. Hingga saat ini aku masih dalam proses penggapaian cita cita sekunder tersebut. Namun, kendala tetap ada.

Beberapa waktu yang lalu aku ikut pengajian. Dalam pengajian itu tidak boleh mengaktifkan ponsel. Dasarnya aku bandel, yaaa~ cuman fesbukan bentaaaaaaar aja. Hape aku nyalain di dalem tas, sekiranya gak keliatan. Eh, ibu ibu disampingku nyaut (mengambil paksa) hapeku T.T sambil bilang “mbak lihat hapenya”. MAMPUS! Aku ketahuan ibu ibu pengurus! Tamatlah riwayatku! Baru aja jadi anggota baru udah kena kasus hape.


Hal ganjil berikutnya terjadi


Ibu ibu itu (sebut saja namanya bunga) ngelihatin beranda fesbuk dan nanyain soal game. Mana gamenya? Aku kaget dan langsung berpersepsi itu orang gak serius. Dengan baik hati aku tunjuin permainanya plus cara mainnya. Ceramah agama masih berlangsung dan tutorial game tak kalah seru.


Lebih mengejutkan lagi temen yang duduk gak jauh dari aku bilang lirih “vic, gak usah diladeni tu orang gak waras” omongan temenku diperkuat bahasa non verbal jari telunjuk ditaruh dikepala, posisi jari miring kemudian digerakkan serong atas-bawah. GLEK! Berurusan lagi ma orang gak waras!!!!! Cepet cepet kabur dari tempat. Gak peduli ceramah masi berlangsung aku sembunyi di warung terdekat. Sama yang punya warung aku tanya tanya identitas mbak Bunga. Enak enak ngobrol (ngerasani dikit siiih) eh, mbak Bunga nyariin aku! Mati maaaaakkkkk!~ dia celingak celinguk keluar masjid. Hape ak pegang erat aku ajak kabur ke sisi lain masjid. Begitu ceramah selesai aku pulang dengan hati riang.


Sejak kejadian itu aku males bawa hape ke masjid apa lagi kalo ketemu mbak Bunga.


Sekedar informasi, ternyata mbak Bunga emang rada rada aneh. Orang awam akan menyebutnya ‘gak waras’. Ternyata, sewaktu kecil si mbak normal seperti anak anak pada umumnya hingga usia sekolah dasar terakhir mulai menunjukkan gejala keanehan. Entah karena dia jatuh atau penyebab lainnya, dia berubah jadi aneh.


Sampai sekarang.

Minggu, 02 Januari 2011

Hati, Usaha dan Nasib

Menurutku, segalanya bermula dari hati.

Hati memiliki sesuatu yang kita sebut tekad dan niat yang pada akhirnya menggerakkan otak dan usaha kita.

Hasil usaha inilah yang menjadi indikator hati seseorang.

.

Hati dan usaha seharusnya berbanding lurus dan setimpal.

Namun kadang kala tak seimbang karena faktor eksternal yang sering kita sebut nasib.

Mungkin itu juga salah satu penyebab tidak adanya perubah hati, tapi perubah nasib.

Contohnya, pergi ke pihak pihak tertentu yang diyakini dapat merubah nasib.

Haha~ lucu rasanya, sebenarnya yang dirubah adalah hati.

Lebih praktis namun tidak mudah.

.

Ada lagi yang mengaku dapat menerka bahkan mengintip nasib.

Ironisnya, mereka cukup laris untuk dikunjungi orang orang yang bermaksud menata hati setelah mengintip nasib mereka.

Jika bernasib baik, mereka akan menggebu-gebu bersemangat hidup dan biasanya sangat termotivasi.

Sebaliknya, jika bernasib jelek mereka kecewa, sedih bahkan putus asa.

konyolnya, ada yang terus mencari pengintip nasib lain yang memberikan jawaban baik lalu dipercayai dan dijadikan motivasi.

.

Jika hati kita kuat maka selemah apapun otak dan raga kita dapat menghasilkan suatu usaha yang berharga.

Sebaliknyapun juga berlaku.

Namun alangkah lebih berharga suatu usaha jika disertai raga, otak dan hati yang kuat.

.

Hati dapat melemah dan menguat secara tiba tiba.

Entah karena faktor eksternal maupun internal.

Agak repot memang kalau melemah.

Segala penyakit dapat menyerang seenaknya.

.

Tuhan,

Kuatkan hati kami selalu.

Sekalipun dalam keadaan lemah dan hampir mati.

Tuhan,

Peluk hati kami.

Dengan segala kuasaMu

.